Thursday 31 January 2013

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah per-m2


Sebelum membangun rumah terlebih dahulu kita bertanya berapakah perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut, dengan mengetahui perkiraan harga rumah maka dapat disiapkan biaya sebelum memulai pembangunan serta sesuai kebutuhan, rencana anggaran biaya ini juga diperlukan untuk membuat kontrak kerja konstruksi jika rumah dikerjakan dengan sistem borongan.

Lalu bagaimanakah cara menghitung biaya bangun rumah per meter persegi ? Berikut ini uraian tentang bagaimana menghitung biaya membangun rumah yang kita rencanakan dengan menggunakan sistem meter persegi bangunan.

Cara menghitung biaya membangun rumah per meter persegi
Biaya membangun rumah dapat dihitung berdasarkan harga per m2 lantai bangunan, cara ini merupakan cara cepat menghitung biaya bangun rumah namun mempunyai tingkat ketelitian yang belum dapat dipastikan sesuai dengan harga pekerjaan sebenarnya.

Harga bangunan per m2 bervariasi sesuai lokasi pembangunan dan kualitas bangunan yang akan dibangun, untuk rumah tinggal berkisar antara Rp.1.000.000,00 sampai dengan Rp.3.500.000,00.

Misalnya kita akan membangun rumah sederhana 1 lantai dengan ukuran 6 m x 10 m pada tanah persegi panjang dengan ukuran 6 m x 15 m, rumah ini dibangun pada suatu daerah, dengan data ini maka kita dapat menghitung perkiraan biaya bangunan yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut.

Luas rumah = 6m x 10m = 60 m2. ( pada rumah bertingkat dihitung luas masing-masing lantai lalu dijumlahkan total luas meter perseginya )
Harga bangunan per m2 = Rp.2.000.000,00. ( harga ini hanya sebagai contoh, diambil rata-rata saja, biaya per m2 berbeda masing-masing daerah dan kapan waktu pembangunan berlangsung)
Rencana anggaran biaya rumah = Luas rumah x harga bangunan = 60 m2  x  Rp.2.000.000,00 = Rp.120.000.000,00

Dari perhitungan biaya rumah diatas dapat kita perkirakan bahwa untuk membangun rumah dengan ukuran 6m x 10m ini membutuhkan biaya sekitar Rp.120.000.000,00. Untuk ukuran bangunan yang lain dapat disesuaikan dengan luasan bangunan dan harga per meter persegi bangunan sesuai dengan spesifikasi bangunan dan daerah dimana lokasi pembangunan dilakukan.

Selain cara menghitung biaya bangun rumah atau rencana anggaran biaya bangunan per meter persegi terdapat cara lain yang lebih teliti namun juga diperlukan kesabaran dan ketilitian sehingga didapatkan hasil perhitungan yang mendekati kebenaran misalnya dengan menggunakan analisa harga satuan pekerjaan atau volume pekerjaan dikalikan harga satuan, dari masing-masing harga per item pekerjaan tersebut kemudian direkap kedalam total rencana anggaran biaya untuk satu rumah secara utuh, untuk cara menghitung biaya bangun rumah dengan menggunakan analisa harga satuan ini dapat dilihat pada artikel tentang rencana anggaran biaya bangunan. (rumahbangun.com)


BALITON CLC
Cara Praktis, Hemat, Cepat dan Kokoh untuk Ningkat Rumah

tokoku99.com
Dapatkan informasi sekitar Persoalan Rumah, klik link berikut ini:
Facebook Twitter WordPress | BlogSpot | Google Sites | Google Plus

No comments:

Post a Comment